Belajar dan Contoh Program Structur Dengan Code Blocks

Haii Guys :)
Udah lama yaa aku ngga pernah ngpost lagi, jadi ngga aktif lagi nih blog hehe..

Kali ini aku pingin berbagi sedikit ilmu kepada kalian tentang ilmu program khususnya dengan Structure. Kalian yang anak TI atau anak SI pasti tau lah apa itu Structure :D. Yaa Structure adalah kumpulan variabel-variabel yang berbeda tipe data dan function yang bertempat di suatu tempat yang sama. Sehingga dapat dikatakan structure adalah sebuah tipe data yang kalian buat sendiri.

Agar kalian lebih punya gambaraan lagi tentang structure aku akan kasih contoh source code dari Stucture dengan menggunakan Code Blocks :)



5 Source Code Program dengan Code Blocks
#include <iostream>
#include <math.h>
#include <stdio.h>
using namespace std;

1. Program Hasil Penilaian Jawaban Matematika
Buatlah Program Untuk Penilaian Jawaban Matematika !
/// Penulisan Structur
struct penilaian {
        char a;
        float b;
        char c;
}benar, mendekati, salah;
/// Sub Algoritma
void penanda(char N, int j)
{
    for(int i=0; i<j; i++) cout << N;
}
int main()
{
    /// Memberikan structur nama dan  nilai variabel a,b,c
    benar.a=100;
    mendekati.b=75.5;
    salah.c=0;
    /// algoritma utama
    int z, x, y;
    cout << "-------------------------SOAL MATEMATIKA-----------------------" << endl;
    cout << "====JAWABLAH SOAL DIBAWAH INI====" << endl;
    penanda('=',33); cout << endl;
    cout << "Jawab soal dibawah ini" << endl;
    cout << "1. Berapakah hasil penjumlahan 75 + 64?" << endl;
    cout << "Masukan Hasilmu = ";
    cin >> z;
    cout << "2. Berapakah hasil perkalian 8x25?" << endl;
    cout << "Masukan Hasilmu = ";
    cin >> x;
    cout << "3. Berapakah hasil pembagian 72:9?" << endl;
    cout << "Masukan Hasilmu = ";
    cin >> y;
    cout << endl;
    if(z==139 && x==200 && y==8)
        cout << "Nilai Anda = " << benar.a << endl;
    else if(z==139 || x==200 || y==8)
        cout << "Nilai Anda = " << mendekati.b << endl;
    else
        cout << "Nilai Anda = " << salah.c << endl;
    return 0;
}

2. Program Menentukan Abjad Nilai Akhir
Buatlah Program Menetukan Abjad Nilai Akhir!
/// Penulisan Structur
struct pendataan {
        char nama[30];
        string nim;
        float nilai;
}mahasiswa, data, angka1, angka2, angka3;
int main()
{
    float z;
      cout << "====SELAMAT DATANG DI PROGRAM  MENENTUKAN ABJAD NILAI AKHIR====" << endl;
      cout << "==========================STRUKTUR DATA========================" << endl << endl;
    cout << "Masukan Nama Anda = ";
    cin >> mahasiswa.nama;
    cout << endl;
    cout << "Masukan NIM Anda = ";
    cin >> data.nim;
    cout << endl;
    cout << "Masukan Nilai UTS = ";
    cin >> angka1.nilai;
    cout << endl;
    cout << "Masukan Nilai UAS = ";
    cin >> angka2.nilai;
    cout << endl;
    cout << "Masukan Nilai Tugas = ";
    cin >> angka3.nilai;
    cout << endl;
    z = (angka1.nilai * 0.3) + (angka2.nilai * 0.3) + (angka3.nilai * 0.4);
    if(z<=100 && z>= 80)
        cout << "Abjad akhir anda = A";
    else if(z<80 && z>=75)
        cout << "Abjad akhir anda = B+";
    else if(z<75 && z>=65)
        cout << "Abjad akhir anda = B";
    else if(z<65 && z>=55)
        cout << "Abjad akhir anda = C+";
    else if(z<55 && z>=47)
        cout << "Abjad akhir anda = C";
    else if(z<47 && z>=30)
        cout << "Abjad akhir anda = D";
    else if(z<30 && z==0)
        cout << "Abjad akhir anda = E";
    cout << endl;
    return 0;
}


3. Program Hitung Rumus Lingkaran
Buatah Program untuk Rumus Lingkaran!
/// Penulisan Structur
struct Rumus {
        double Lu;
        int Kel;
}luas, keliling;
/// Sub Algoritma Luas
double Luas()
{
    int r;
    double X;
    cout << "Masukan nilai jari-jari = ";
    cin >> r;
    X = 3.14 * r * r;
    return X;
}
/// Sub Algoritma Keliiling
int Keliling()
{
    int d;
    float Z;
    cout << "Masukan nilai diameter = ";
    cin >> d;
    Z = 3.14 * d;
    return Z;
}
int main()
{
    cout << ">>>Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran<<<" << endl;
    luas.Lu = Luas();
    cout << "Luas lingkaran = " << luas.Lu << endl << endl;
    keliling.Kel = Keliling();
    cout << "Keliling Lingkaran = " << keliling.Kel << endl;
    return 0;
}

 4. Program penghitung transaksi Kantor POS
Buatlah Program untuk menghitung transaksi kantor POS!
/// Penulisan Structur
struct perangko {
int per1;
int per2;
int per3;
}perangko1, perangko2, perangko3;
/// Variabel global
int j,k,l;
/// Sub Algoritma 1
void harga_rata()
{
    int X;
    float rata;
    /// Harga Total
    X = (j*perangko1.per1) + (k*perangko2.per2) + (l*perangko3.per3);
    /// Rata-rata
    rata = X / (j+k+l);
    cout << "Harga Total = " << X << endl;
    cout << "Harga Rata-rata = " << rata << endl;
}
/// Sub Algoritma 2
void sama_dengan(char A, int j)
{
    for(int i = 0; i <j; i++) cout << A;
}
/// Algoritma Utama
int main()
{
    /// Pemberian Nilai Structur
    perangko1.per1 = 3000;
    perangko2.per2 = 5000;
    perangko3.per3 = 10000;
    cout << "Program penghitung transaksi Kantor POS" << endl;
    sama_dengan('=',39); cout << endl;
    cout << "Jumlah Perangko 1 = ";
    cin >> j;
    cout << "Jumlah Perangko 2 = ";
    cin >> k;
    cout << "Jumlah Perangko 3 = ";
    cin >> l;
    sama_dengan('=',39); cout << endl;
    cout << endl;
    harga_rata();
    cout << endl;
    cout << "Terimakasih telah melakukan Transaksi :)" << endl;
    return 0;
}



5. Program Matematika
Buatlah Program menggunakan logika Aritmatika!
/// Pemberian nama struct
struct{
    string nim;
    int a;
    float b;
}data,angka1,angka2;
/// Sub Algoritma Pertambahan
int tambah()
{
    cout << "Masukan Angka 1 = ";
    cin >> angka1.a;
    cout << "Masukan Angka 2 = ";
    cin >> angka2.b;
    return angka1.a + angka2.b;
}
/// Sub Algoritma Pengurangan
void kurang()
{
    double M;
    cout << "Masukan Angka 1 = ";
    cin >> angka1.a;
    cout << "Masukan Angka 2 = ";
    cin >> angka2.b;
    M = angka1.a - angka2.b;
    cout << "Hasil Pengurangannya = " << M;
}
/// Sub Algoritma Perkalian
float kali()
{
    cout << "Masukan Angka 1 = ";
    cin >> angka1.a;
    cout << "Masukan Angka 2 = ";
    cin >> angka2.b;
    return angka1.a * angka2.b;
}

/// Sub algoritma Pembagiaan
double bagi()
{
    cout << "Masukan Angka 1 = ";
    cin >> angka1.a;
    cout << "Masukan Angka 2 = ";
    cin >> angka2.b;
    return angka1.a / angka2.b;
}
int main()
{
    int menu;
    string g;
    data.nim = "15410200049";
    cout << "^^^Selamat Datang Di Program Matematika^^^" << endl;
    cout << "=====================AKBAR================" << endl;
    cout << "Masukan Kata Sandi : ";
    cin >> g;
    if(g==data.nim)
    {
            do
        {
            cout << "----------MENU PILIHAN MATEMATIKA---------" << endl;
            cout << "1. Pertambahan" << endl;
            cout << "2. Pengurangan" << endl;
            cout << "3. Perkalian" << endl;
            cout << "4. Pembagian" << endl;
            cout << "0. KELUAR";
            cout << endl;
            cout << "Menu yang dipilih = ";
            cin >> menu;
            cout << endl;

            if(menu==1)
            {
                cout << "Hasil Penjumlahan = " << tambah() << endl;
            }
            else if(menu==2)
            {
                kurang(); cout << endl;
            }
            else if(menu==3)
            {
                cout << "Hasil Perkalian = " << kali() << endl;
            }
            else if(menu==4)
            {
                cout << "Hasil Pembagian = " << bagi() << endl;
            }
            cout << endl;
        }
        while(menu!=0);
        cout << "Semoga Harimu Menyenangkan :)" << endl;
    }
    else
        cout << "Maaf Anda Salah" << endl;
    return 0;
}


      Jadi pada intinya jika kalian punya tipe data yang berbeda dan function kemudian kalian ingin menyatukan mereka semua kedalam sebuah tempat yang sama maka kalian bisa gunakan Structure sebagai solusinya.
      Oke cukup sekian postingan dari saya jikan kalian masih bingung atau ada pertaanyaan silahkan kalian comment dibawah insya Allah saya akan bantu sebisanya :D
maaf yaa jika gambarnya nanti rusak atau tidak bisa hehe..